Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Pada dua bulan pertama tahun 2021, PT Pupuk Indonesia (Persero) sudah menyalurkan pupuk bersubsidi sebanyak 1, 21 juta ton.  

Adapun rincian pupuk bersubsidi yang sudah disalurkan oleh Pupuk Indonesia maka bulan Februari ini adalah 576. 776 ton pupuk urea, 43. 189 ton pupuk SP-36, 100. 382 ton pupuk ZA, 413. 736 ton pupuk NPK, & 78. 886 ton pupuk organik granul.  

Direktur Pemasaran Gemuk Indonesia Gusrizal mengatakan, realisasi penyaluran ini setara 13% dari mutlak alokasi pupuk bersubsidi tahun 2021 yang ditetapkan oleh Permentan No. 49 Tahun 2020 yang sampai 9, 04 juta ton.

“Kami terus menyalurkan pupuk bersubsidi sebati dengan alokasi dan dosis yang telah ditetapkan Kementan, ” logat Gusrizal dalam keterangan resminya yang diterima Kontan, Rabu (24/2).  

Ia menambahkan, pupuk bersubsidi hanya bisa didapatkan petani yang berhak dan dengan dosis dan alokasi yang telah ditentukan.  

“Sesuai peraturan yang berlaku, Pupuk Nusantara menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani dan terdaftar dalam e-RDKK, serta memiliki Kartu Tani. Bagi petani yang belum mendapatkan kartu tani dapat tetap kami layani secara manual selama ia terdaftar di e-RDKK, ” lanjut Gusrizal.

Untuk petani yang masih belum tercukup kebutuhannya, Pupuk Indonesia menyediakan pilihan produk-produk non subsidi.  

Baca Juga: Pupuk Kaltim hadirkan Program TPST dan Budidaya Black Soldier Fly

Saat tersebut, Pupuk Indonesia telah mempersiapkan gemuk bersubsidi di gudang-gudang lini 3 yang mencapai 895. 019 ton. Yang terdiri dari 407. 156 ton pupuk urea, 206. 086 ton pupuk NPK, 87. 510 ton pupuk SP-36, 101. 290 ton pupuk ZA dan 74. 162 ton pupuk organik mengikuti 19. 815 ton pupuk organik cair.

Selain itu, Gusrizal bilang bahwa dalam proses distribusi Gemuk Indonesia juga selalu mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku, seperti Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15/M-DAG/PER/4/2013 tentang Pemasokan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian secara nasional mulai dari Lini I sampai dengan Lini IV.  

Serta Sistem Menteri Pertanian Nomor 49 Tarikh 2020 Tentang Alokasi dan Kehormatan Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Zona Pertanian Tahun Anggaran 2021

Ia menambahkan, sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan pupuk petani, Pupuk Indonesia serupa mengembangkan program Agrosolution. Program tersebut merupakan program berkesinambungan yang menyerahkan pendampingan kepada petani untuk melecehkan mereka dalam menjalankan siklus penerapan pertanian dengan memberikan kemudahan akses bagi petani untuk memperoleh pangkal usaha, benih, pupuk dan obat-obatan berkualitas, dan yang terpenting merupakan jaminan offtaker atau pembeli, dan ada asuransi untuk melindungi petani jika terjadi gagal panen.  

“Peserta program ini berhasil memajukan produktivitasnya dari rata-rata 5 ton menjadi 9 ton per hektar. Harapannya, dengan peningkatan produksi, penerimaan juga meningkat dan bisa mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk bersubsidi, ” pungkas Gusrizal.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –>
<! —

GEMUK BERSUBSIDI

gong9deng –>