Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID – MOSKOW. Pelajaran yang melibatkan pembom B-52H Armada Udara Amerika Serikat (AS) dalam dekat perbatasan Rusia merupakan provokasi, Kepala Staf Angkatan Udara Rusia Sergei Surovikin mengatakan dalam briefing untuk atase militer asing, Jumat (11/9).

“Kami percaya bahwa memeriksa penggunaan pesawat tempur strategis dalam dekat perbatasan Rusia adalah tindakan yang bermusuhan dan provokatif, ” tegas Surovikin seperti dikutip biro berita TASS.

Surovkin mengungkapkan, jet menyerang Su-27 dan MiG-29 Ukraina bekerja sama dengan pembom strategis B-52H Tentara Udara AS yang terbang di atas Belanda, Jerman, Polandia, & Ukraina pada 4 September.

“Penerbangan oleh pesawat tempur mana pula di atas Ukraina tidak berkontribusi untuk meredakan ketegangan di negeri itu, ” kata dia.

Baca Juga: Belarusia: Kami akan perang, bila ada yang melakukan tindakan gempuran terhadap Rusia

Menurut Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia, empat pembom B-52H Laskar Udara AS juga mencoba menentang perbatasan Rusia di atas Bahar Hitam.

Tidak tertarik untuk memicu ketegangan

Sementara akhir Agustus, jet tempur Rusia mencegat sebuah B-52H Angkatan Udara AS di tempat Laut Baltik dan satu yang lain di atas Laut Hitam.


–> Video Pilihan gong11deng –>
AS-RUSIA

gong11deng –>