Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Pandemi covid-19 selain memberi tekanan pada seluruh kegiatan ekonomi juga memberikan kesempatan bagus bagi pembaharuan bisnis. Makin pandemi ini telah memberikan peluang untuk review efisien dan kreativitas berusaha.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag)  jerry Sambuaga dalam    Webinar “Memetakan Peluang Bisnis di masa Pandemi Covid19” yang diselenggarakan STIE Bisnis Indonesia” pekan lalu.

Ada beberapa peristiwa yang dikupas oleh Wamendag berselirat dengan perdagangan dan bisnis pada masa pandemi ini yaitu munculnya penggunaan teknologi digital secara massif, penataan interaksi sosial yang tenteram bagi kesehatan dan perubahan contoh konsumsi masyarakat. Selain itu pandemi menurutnya juga menguji fleksibilitas dan reliabilitas sebuah bisnis.    

“Pada intinya, ini seperti sebuah review besar terhadap fleksibilitas serta reliabilitas sebuah bisnis, baik dalam konteks mikro maupun makro. Kita direview secara mendasar melalui wabah ini agar kita bisa mendikte konsep bisnis yang bisa berjalan di konteks apa pun, ” kata  Jerry.

Mengucapkan Juga: Sudah ditandatangani, kapan RCEP diimplementasi?

Karena itu menurut Jerry, kreatifitas menjadi kunci. Ia mengecap bahwa teknologi digitalisl memberikan timah lebar bagi munculnya kreatifitas-kreatifitas dalam berbisnis, baik untuk memperbaharui bisnis lama maupun menggarap potensi usaha baru. Jerry mengatakan bahwa kemendag juga melakukan review, terutama melanda potensi ekpor baru yang semasa ini belum digarap secara optimal yaitu ekspor produk digital dan produk berbasis teknologi.

“Korea Selatan bisa mendapatkan keuntungan yang benar besar dari ekspor game online. Indonesia juga punya developer-developer dengan kreatif dan luar biasa. Inilah salah satu yang menjadi garapan Kemendag untuk didorong pengembangannya. ” Tambah Wamendag yang dekat dengan millennial itu.  
Jerry selalu mengatakan bahwa pandemi memberikan kesempatan bagi evaluasi terhadap efisiensi bisnis. Selama ini Indonesia belum menyentuh efisiensi bisnis yang optimal. Real efisiensi adalah bagian atau elemen terwujudnya daya saing yang kuat. Efisiensi ini juga yang menurutnya menjadi visi Presiden Joko Widodo. Pembangunan infrastruktur adalah salah mulia upaya agar sistem logistik Indoensia berjalan efisien. Demikian juga secara penggunaan teknologi dan transformasi bentuk ekonomi.

“Pada intinya, ada pola besar yang terus diupayakan perubahannya dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pandemi ini justru menjadi salah satu katalisator bagi bisnis & sistem ekonomi yang efisien tersebut, ” ujar Wamendag.

Baca Juga: Kemendag sebut gula jadi salah mulia penyumbang defisit perdagangan

SOKONGAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Kamu akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai aforisme terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

. bg-color-linkedin background-color: #0072b1;

<! —

–> <! —

Video Pilihan gong9deng –>
<! —

BISNIS

gong9deng –>